Berita TerkiniPeternakan

Vaksinasi Keliling Kesehatan Hewan Dinas Pertanian

Dalam rangka upaya pencegahan timbulnya penyakit zoonosis di Kabupaten Soppeng, salah satunya penyakit rabies yang diakibatkan virus rabies karena gigitan hewan terutama anjing, pihak Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan terus melakukan vaksinasi keliling pada anjing-anjing yang dipelihara masyarakat.

Vaksinasi keliling ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan yang lebih baik dari Dinas Pertanian terkait kinerja dalam hal pemeliharaan kesehatan hewan. Metode vaksinasi yang dilakukan kali ini yaitu dengan mendatangi langsung rumah-rumah penduduk yang memelihara anjing. Selain metode ini, biasanya vaksinasi rabies dilakukan pada saat kelompok masyarakat akan melakukan “Mappalellung” (berburu hama babi dengan menggunakan anjing).

Vaksinasi rabies pada anjing peliharaan masyarakat sangat penting, karena resiko masyarakat sekitar tergigit anjing dan tertular rabies sangat besar. Penyakit rabies sendiri sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Kesadaran masyarakat untuk aktif melakukan vaksinasi pada hewan peliharaannya sangat diharapkan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Related Articles

Back to top button