Berita TerkiniGaleri VideoPerkebunan

Uji Coba Alat Pengolahan Kopi

Admin

Rabu, 30 Desember 2020 bertempat di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, dilakukan uji coba atau praktek Pengolahan Kopi dengan menggunakan Alat Pengolahan Biji Kopi yang akan diserahkan Kepada Kelompok Tani Hutan I Desa Umpungeng.  Uji Coba Alat yang dipandu oleh Pihak Penyedia Alat sekaligus sebagai pelatihan terhadap Pengurus Kelompok Tan Hutan I Desa Umpungeng dalam menjalankan peralatan tersebut untuk menghasilkan Kopi yang berkualitas.

Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Soppeng dalam meningkatkan mutu dan daya saing produksi hasil pertanian, khususnya Komoditi Kopi dari pegunungan, Desa Umpungeng yaitu dengan memberikan bantuan paket pengolahan biji Kopi tersebut. Selama ini pengolahan biji Kopi yang dilakukan masyarakat secara tradisional masih kurang optimal, dan sebagian besar hanya untuk Konsumsi sendiri.  Komoditi Kopi diharapkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat petani di Desa Umpungeng. Melalui  program bantuan tersebut diharapkan produksi olahan Kopi yang dihasilkan bisa lebih berkualitas dan diterima konsumen sehingga nilai ekonomi produk bisa meningkat.

Produksi Kopi di Kabupaten Soppeng masih sangat terbatas, hanya pada wilayah-wilayah tertentu seperti Desa Umpungeng dan Desa Mattabulu. Belum menjadi sumber penghasilan utama, sehingga melalui Bantuan yang sifatnya sebagai stimulan ini diharapkan bisa menjadi pemicu semakin berkembangnya budidaya Kopi yang ada, khususnya Di Desa Umpungeng, dan kedepan bisa menjadi salah satu produk unggulan daerah di Kabupaten Soppeng.

Related Articles

Back to top button