Berita TerkiniTanaman Pangan

Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Menggunakan “Kartu Tani” Berbasis e-RDKK

Sengkang, 18 April 2018 bertempat di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kab. Wajo dilaksanakan Sosialisasi Mengenai Penyaluran Pupuk Bersubsidi Menggunakan “Kartu Tani” Berbasis e-RDKK kepada Koordinator BPP, Petugas Penyuluh Pertanian, Staf/Admin e-RDKK Kabupaten Wajo dan Soppeng. Acara tersebut juga dihadiri dari pihak/perwakilan Produsen Pupuk Bersubsidi.

Narasumber dalam Sosialisasi tersebut hadir dari Perwakilan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ibu Sri Pujiati, Kepala Dinas Pertanian Kab. Soppeng Bapak Ir. Fajar, MMA dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kab. Wajo Bapak Ir. Ambo Epu, M.Si.

Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). Keunggulan dari Kartu Tani ini antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, multifungsi.  Ketersediaan data yang lengkap dan akurat dalam Kartu Tani digunakan untuk yang Pertama sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian. Kedua, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan. Ketiga, data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia. Keempat, bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani. Sedangkan keunggulan Kelima, bagi dinas pertanian dapat mengetahui produktifitas lahan suatu daerah. Kartu Tani  diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani Indonesia (Sumber : Website Resmi Kementerian Pertanian).

Untuk saat ini, khusus di wilayah Sulawesi Selatan termasuk di Kabupaten Soppeng dan Wajo masih dalam tahap sosialisasi dan penginputan data oleh para admin yang ditunjuk pada aplikasi e-RDKK sebagai salah satu fungsi Kartu Tani dalam penyaluran Pupuk Bersubsidi Kedepannya. Dengan Konsep “Kartu Tani” yang ditawarkan, semoga bisa berjalan dengan baik pada tahapan pelaksanaan nantinya dan bisa memberikan dampak langsung pada peningkatan Kesejahteraan Petani.

Related Articles

Back to top button