Berita TerkiniLayanan MasyarakatPembinaan & Penyuluhan

Selamat Kepada BPP Lalabata dan BPP Marioriwawo Meraih Penghargaan Abdi Bakti Tani 2019

admin

 

Watansoppeng, 19 November 2019. Melayani dan lebih baik, yang menjadi Visi Pemerintah Kabupaten Soppeng dibawah kepemimpinan Bupati Soppeng H.A. Kaswadi Razak, SE. yang kemudian diimplementasikan dalam berbagai bentuk pelayanan kepada masyarakat oleh seluruh instansi dan aparatur lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng, kembali menuai hasil, kali ini berupa Penghargaan Abdi Bakti Tani 2019 yang diraih oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lalabata (Plakat Abdi Bakti Tani) dan Kecamatan Marioriwawo (Piagam Abdi Bakti Tani). Untuk diketahui, Abdi Bakti Tani merupakan program dari Kementerian Pertanian berupa pemberian penghargaan kepada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Bidang Pertanian yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik/masyarakat. Ajang penghargaan Abdi Bakti Tani dilakukan setiap 2 tahun sekali, tepatnya pada tahun ganjil sejak tahun 2015. BPP Lalabata dan BPP Marioriwawo terpilih untuk berkompetisi sampai tingkat Nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, dimana kedua BPP tersebut melakukan Ekspose terkait Pelayanan Publik yang dilakukan di hadapan juri pada 23-25 September yang lalu di Bogor, Jawa Barat.  Kompetisi pada penghargaan Abdi Bakti Tani terbilang cukup ketat, karena UKPP bidang pertanian di seluruh Indonesia sangat banyak jenis dan nomenklatur yang berbeda-beda pada setiap daerah. Penghargaan tersebut terdiri dari 3 kategori penghargaan yaitu Piala, Plakat dan Piagam Abdi Bakti Tani, berdasarkan kriteria masing-masing sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47 Tahun 2012.

Spesial untuk tahun 2019 ini, 2 dari 8 BPP Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Bidang Pertanian yang berada pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan berhasil meraih penghargaan tersebut. Berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian per tanggal 18 November disampaikan jadwal penyerahan penghargaan pada 29 November 2019 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian RI di Jakarta. Dalam lampiran surat tercantum Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Lalabata sebagai UKPP Berprestasi Utama dengan jenis penghargaan berupa Plakat Abdi Bakti Tani, sedangkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Marioriwawo sebagai UKPP Berprestasi Madya dengan jenis penghargaan berupa Piagam Abdi Bakti Tani.  Patut disyukuri, meskipun belum mencapai penghargaan tertinggi berupa Piala Abdi Bakti Tani, Khusus untuk BPP Kecamatan Lalabata, raihan tahun 2019 ini merupakan peningkatan dari capaian Abdi Bakti Tani 2017 yang meraih Piagam, begitu juga dengan BPP Kecamatan Marioriwawo yang pada tahun 2017 belum berhasil meraih penghargaan, tahun 2019 ini meningkat meraih Piagam Abdi Bakti Tani.

Adanya penghargaan ini tentunya menjadi indikator bahwa pelayanan publik terkait bidang pertanian yang dilakukan selama ini sudah baik dan sesuai harapan, terkhusus pada seluruh BPP Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng dalam melayani masyarakat petani. Hal tersebut harus dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi, lebih ditingkatkan lagi. BPP yang sudah meraih penghargaan diharapkan bisa mempertahankan atau bahkan meningkat, sementara BPP yang dalam proses setidaknya bisa lebih termotivasi lagi. Tentunya dengan upaya dan tekad dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat Petani pada wilayah binaan, sebagai bentuk komitmen “Melayani dan Lebih Baik”.

Related Articles

Back to top button