Profil Dinas Pertanian

Visi dan Misi Dinas Pertanian

VISI DINAS PERTANIAN KAB. SOPPENG

“Terwujudnya Sistem Pertanian yang Melayani dan Pro Petani serta Berkelanjutan di Kabupaten Soppeng Tahun 2021”.

 

Misi pada Dinas Pertanian Kab. Soppeng Untuk Mewujudkan Visi yang ingin dicapai yaitu :

1. Memantapkan dan meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan hasil ternak secara berkelanjutan.

2. Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil pertanian.

3. Menciptakan Lingkungan yang kondusif bagi masyarakat veteriner.

4. Mewujudkan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang efektif serta memantapkan koordinasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

5. Mendorong pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur, Pelaku Utama dan Pelaku Usaha serta pengembangan kelembagaan Petani.

Tugas dan Fungsi

Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Soppeng. Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng mempunyai tugas pokok sebagai berikut :

“Melaksanakan sebagian kewenangan atau urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang pertanian yang menjadi tanggung jawab dan kewenangannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku”.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng mempunyai fungsi, sesuai Pasal 4 Peraturan Bupati Soppeng Nomor 53 Tahun 2016. Fungsi Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng adalah sebagai berikut :

  1. Perumusan Kebijakan Teknis di bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran serta Pembinaan dan Penyuluhan;
  2. Pemberian dukungan pelaksanaan kebijakan dibidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pengolahan danPemasaran serta Pembinaan dan Penyuluhan;
  3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta pelaporan pelaksanaan kegiatan dibidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran serta Pembinaan dan Penyuluhan;
  4. Pembinaan dan Pengkoordinasian dibidang kesekretariatan;
    Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.
Program dan Kegiatan
Struktur Organisasi

Data Kepegawaian
Back to top button