Berita Terkini

Prodi Agribisnis Peternakan dan Agribisnis Pangan akan hadir di Kabupaten Soppeng

Admin

Watansoppeng, 23 Maret 2021.Bertepatan dengan Hari Jadi Soppeng yang ke-760, salah satu kado istimewa yang diperoleh adalah dipilihnya Kabupaten Soppeng sebagai salah satu lokasi Kampus Vokasi Universitas Hasanuddin. Dalam rangkaian Perayaan Hari Jadi Soppeng dilakukan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Soppeng dengan Pihak Universitas Hasanuddin, yang dilanjutkan dengan Kunjungan ke Lokasi Pembangunan Kampus di Kawasan Wisata Ompo, Kabupaten Soppeng. Sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Soppeng bisa meyakinkan Universitas Hasanuddin sebagai Universitas Terbaik di Indonesia Timur untuk membuka Kampus di wilayahnya.

Bupati Soppeng H. A. Kazwadi Razak dalam sambutan pembukaannya di Lokasi Pembangunan Kampus menyampaikan terima kasih kepada pihak Universitas Hasanuddin yang dihadiri langsung oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu MA. bersama jajarannya, hingga kerjasama yang telah digagas mencapai kesepakatan sampai pada hari ini. Lanjut Bupati Soppeng menyampaikan bahwa Dipilihnya kawasan Ompo dimaknai dari asal kata bugis “Mompo” yang berarti “Muncul”, sehingga diharapkan ke depan dari Kampus Unhas ini bisa muncul orang-orang pintar Soppeng. Beliau juga menyampaikan kemajuan dari rencana pembangunan kampus ini dihadapan Tim Unhas secara detail, termasuk model bangunan kampus yang rencananya berbentuk Bangunan Khas Rumah Bugis diatas kolam, dan akan segera dilakukan tender sehingga bisa segera dimulai pembangunan secepatnya.

Sementara Rektor Unhas dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegigihan perjuangan Bupati Soppeng untuk membangun kerjasama ini. Komitmen dan dukungan Pemda Soppeng untuk mempersiapkan segala sesuatu telah menampakkan hasil sampai hari ini. Lanjut, beliau menyampaikan bahwa untuk menuju Indonesia Maju, persiapan dan pengembangan sumber daya Manusia harus terus ditingkatkan, sehingga Kementerian Pendidikan memberi keleluasaan bagi Kampus untuk membuka kelas/kampus vokasi di daerah-daerah sesuai kebutuhannya. Dan hari ini kami telah sepakat untuk membangun Kampus di Kabupaten Soppeng dengan Program Studi “Agribisnis Peternakan dan Agribisnis Pangan”, dengan harapan akan lahir peternak milenial, petani milenial, wirausaha pertanian dari Kampus ini. Soppeng bisa jadi daerah pengembangan ilmu pengetahuan, dan bukan hanya untuk mensupport Kabupaten Soppeng nantinya, tapi juga Sulawesi Selatan bahkan Indonesia. Lanjut lagi, beliau menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan karena keunikan kampus di Kabupaten Soppeng ini bisa mengundang orang luar untuk datang menimba ilmu, jadi pak Bupati harus mempersiapkan Soppeng untuk peningkatan jumlah penduduk, dan konsekuensi-konsekuensi positif lainnya setelah kampus berjalan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi rencana pembangunan Kampus bersama Bapak Bupati dan Rektor Unhas bersama tim. Dalam acara tersebut Rektor Unhas didampingi beberapa Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan Direktur. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Soppeng dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Soppeng bersama para Anggota Forkopimda, para kepala SKPD, Asisten dan pejabat terkait lainnya.

Related Articles

Back to top button