Berita TerkiniPembinaan & Penyuluhan

Petani Kabupaten Sinjai Studi Tiru Pengembangan Pertanian di Kabupaten Soppeng 

Admin

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng kedatangan tamu dari Kabupaten tetangga pada hari Kamis, 14 November 2019 dalam hal ini rombongan Studi Tiru Peningkatan Kapasitas dan Motivasi Petani dari Kelompok Tani Desa Duampanue Kec. Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Rombongan yang berjumlah 70 orang tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sinjai Bapak Yuhadi Samad, S.IP, M.Si dan Kepala Desa Duampanue A. Ambo Intang, SE.

Rombongan yang terdiri dari para petani dan penyuluh pertanian ini disambut langsung di Mallanroe, BPP Kecamatan Lalabata Kab. Soppeng oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Ariyadin, S.TP, M.Si bersama Ketua KTNA Kabupaten Soppeng Bapak Mursalim serta  Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Soppeng Bapak Syamsuddin, S.S, M.Si dan Koordinator BPP Kecamatan Lalabata Bapak Ir. Mahfuddin, MMA.

Dalam sambutan penerimaan, Sekretaris Dinas menyampaikan selamat datang di Bumi Latemmamala, dimana sektor pertanian merupakan salah satu sektor terbesar penggerak perekonomian yang berkontribusi cukup besar terhadap PDRB Kabupaten Soppeng yang mencapai sekitar 30,80%, serta menjadi primadona dalam hal penyerapan angkatan kerja yang mencapai angka sekitar 44% dari total angkatan kerja produktif di Kabupaten Soppeng. Hal tersebut menjadi dasar utama sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng memberikan perhatian yang cukup besar terhadap sektor pertanian melalui misi dan kebijakan yang dijalankan, sampai pada implementasi program dan kegiatan dalam memantapkan arah kebijakan pembangunan pertanian yg melayani dan pro petani.

Pada kesempatan yang sama  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sinjai  selaku ketua rombongan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas segala bentuk pelayanan yang diberikan selama kegiatan Studi Tiru ini. Lanjut dalam sambutannya beliau memaparkan tujuan Studi Tiru ini merupakan kegiatan adopsi teknologi atau inovasi yg bisa dimodifikasi atau direplikasi nantinya di Kabupaten Sinjai terkait pengembangan Bio Industri, Integrasi Terpadu serta Teknologi Budidaya Padi dan Palawija di Kabupaten Soppeng. Hal lain yang tidak kalah menariknya di Kabupaten Soppeng yaitu adanya perwakilan salah satu petani atau kelembagaan petani menjadi anggota DPRD yang bisa menyuarakan atau menjadi penyambung aspirasi petani pada lembaga pemerintahan, papar beliau.

Adapun lokus kunjungan Studi Tiru tersebut yaitu di salah satu Kelompok tani di Kelurahan Salokaraja Kecamatan Lalabata untuk melihat pengembangan Bio Industri Pengolahan Limbah Pertanian dan Ternak menjadi  Bio Urine atau pupuk organik maupun pestisida organik serta lokasi kelompok tani di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata terkait Teknologi Budidaya komoditi kacang tanah. Selain itu rombongan juga mengagendakan untuk berkunjung ke Bumdes Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja sebagai salah satu Bumdes terbaik di Sulawesi Selatan.

Related Articles

Back to top button