Berita TerkiniLayanan MasyarakatTanaman Pangan

Penyerahan Bantuan Benih Padi dan Alsintan Dihadiri Langsung Bupati Soppeng Bersama Kepala Dinas KPTPH Provinsi Sulawesi Selatan

Admin

 

Kamis, 4 Juli 2019. Bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kab. Soppeng Jalan Salotungo, Watansoppeng, Bupati Soppeng H.A. Kaswadi Razak bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Hj. Fitriani, MP. menghadiri secara langsung acara penyerahan Bantuan Benih Padi dan Alat Mesin Pertanian untuk Kelompok Tani di Kabupaten Soppeng. Adapun jenis bantuan yang akan diserahkan terdiri dari bantuan Benih Padi untuk penanggulangan dampak banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu, termasuk juga bibit jagung dan Alat Mesin Pertanian.

 

Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang telah memberikan bantuan kepada Kabupaten Soppeng. Seluruh bantuan merupakan kebijakan pemerintah, bukan kebijakan personel ataupun golongan tertentu. Lanjut disampaikan juga bahwa bantuan tersebut sangat penting untuk disyukuri bersama, karena tidak semua Kabupaten mendapatkan bantuan yang sama, kita diberikan bantuan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beliau juga berpesan kepada seluruh kelompok penerima agar mempergunakan bantuan yang diberikan sesuai peruntukkannya, misalnya alat dan mesin pertanian agar digunakan dan dipelihara dengan baik sebagai wujud dari kesyukuran kita dibantu oleh pemerintah, serta meminta pengurus Kelompok Tani untuk Proaktif memberikan bimbingan dan dukungan kepada anggotanya agar bisa lebih produktif sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

 

 

 

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng, Ir. Fajar, MMA. lebih rinci menjelaskan bahwa jenis-jenis bantuan yang diserahkan pada hari ini terdiri dari Alat dan Mesin Pertanian berupa Pompa Air 4 Inchi sebanyak 24 unit, Traktor Roda Dua sebanyak 20 unit, Pemipil Jagung sebanyak 10 unit, Alat Pengrajang Tembakau 10 unit, Motor Roda Tiga sebanyak 3 unit dan Power Theresser (Dross) sebanyak 3 unit. Sedangkan untuk Bibit Jagung sebanyak 10.000 Kg atau 10 Ton dan Benih Padi 30.860,5 Kg atau 30,8 Ton. Adapun sumbernya yaitu dari Bantuan APBN, APBD Provinsi termasuk ada yang dari APBD Kabupaten Soppeng. Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir pejabat eselon III terkait bersama staf dari Dinas KPTPH Provinsi Sulawesi Selatan maupun Dinas Pertanian Kab. Soppeng, pihak penyedia barang untuk bantuan yang akan diserahkan, serta para kelompok tani penerima.

 

Related Articles

Back to top button