Berita TerkiniSeputar Dinas Pertanian

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian RI ke Kabupaten Soppeng

Desa Leworeng, Kec. Donri-Donri 22 November 2020, tepatnya di Dusun Iwae, lokasi kelompok tani Ma’dang, Bapak Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. MH. melaksanakan kunjungan kerja untuk pertama kalinya di Kabupaten Soppeng sebagai Menteri Pertanian. Dalam kunjungan kerja yang mengangkat tema “Melalui Gerakan Percepatan Tanam, Kita Jaga Ketersediaan Pangan dan Antisipasi Dampak Covid-19” tersebut diagendakan kegiatan penanaman padi sebagai Gerakan Percepatan Tanam Padi musim tanam Oktober-Maret 2020/2021 dan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Kelompok Tani Penerima Manfaat yang dialokasikan di Kabupaten Soppeng.

Kedatangan Bapak Menteri Pertanian bersama rombongan disambut langsung oleh Pjs. Bupati Soppeng Idham Kadir Dalle, S.Sos, M.Si bersama Forkopimda Kabupaten Soppeng, Seketaris Daerah Kabupaten Soppeng dan Para Kepala SKPD lingkup Pemkab. Soppeng. Kunjungan Kerja Bapak Menteri Pertanian ini didampingi langsung oleh beberapa pejabat lingkup Kementerian Pertanian diantaranya Dirjen Tanaman Pangan Dr. Ir. Suwandi, Dirjen Perkebunan Dr. Ir. Kasdi Subgyono, M.Sc, Dirjen PSP Dr. Sarwo Edhy, SP. MM dan Kepala Balitbangtan Kementan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

Bapak Pjs. Bupati Soppeng dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan Bapak Menteri Pertanian bersama tim hadir di Kabupaten Soppeng. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas berbagai jenis bantuan dari Kementerian Pertanian yang dialokasikan, yang tentunya diharapkan bisa mendukung pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Soppeng. Setelah sambutan Pjs. Bupati Soppeng, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Menteri Pertanian kepada para Kelompok Tani penerima manfaat, diantaranya bantuan Traktor Roda-2, Traktor Roda-4, Bibit Kakao dan Bibit Pala.

Bapak Menteri Pertanian dalam arahannya diawali dengan sedikit bernostalgia bahwa kedatangannya Ke Kabupaten Soppeng karena rindu. Selanjutnya beliau mengucapkan terima kasih atas sambutan kedatangannya bersama rombongan. Beliau selanjutnya menyampaikan agar Pertanian di Kabupaten Soppeng harus lebih maju dari yang ada sekarang ini, kementerian pertanian siap membantu, “ada pak dirjen saya bawa” katanya.  Lanjut, beliau menyampaikan agar indeks pertanaman di Kabupaten Soppeng jangan cuma 2 kali, kalau perlu jadikan 4 kali, dengan penerapan mekanisasi, penggunaan varietas unggul yang berumur pendek, irigasi dioptimalkan. Kementerian Pertanian siap mengawal, Soppeng harus dijadikan percontohan di Indonesia. Peran Kabupaten Soppeng sebagai lumbung pangan di Sulawesi Selatan cukup besar. Selanjutnya beliau juga menyampaikan agar luasan per 1000 hektar dikelola berbasis koorporasi, jadikan food estate. Selain itu pembangunan pertanian saat ini juga sudah harus difokuskan pada hilirisasi, mengarah pada agroindustri sehingga bisa semakin menguntungkan. Terakhir beliau menyampaikan kondisi perekonomian negara yang mengalami minus akibat pandemi covid-19, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tumbuh positif. Kebutuhan pangan 273 juta penduduk Indonesia menjadi tanggung jawab kami, sektor pertanian harus terus bergeliat, berkembang. Petani pahlawan pangan bangsa, kata beliau menutup arahannya.

Acara dalam rangka kunjungan Menteri Pertanian di Kabupaten Soppeng ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Ardin Tjatjo, MP bersama rombongan, Para petugas POPT Kabupaten Soppeng, Penyuluh Pertanian Kabupaten Soppeng, KTNA dan pengurus kelompok tani di Kabupaten Soppeng. (sah)

Related Articles

Back to top button