Berita TerkiniLayanan MasyarakatSeputar Dinas Pertanian

Ekspose Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas TPHPKP

Admin

Watansoppeng, 13 Desember 2019. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, dilaksanakan Ekspose Hasil Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Tahun 2019. Survey tersebut dilaksanakan dengan Kerjasama Pihak Lembaga Survey Trans Institute. Survey Kepuasan Masyarakat merupakan Amanah dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang menyebutkan bahwa setiap Penyelenggara Pelayanan Publik wajib melakukan Survey Kepuasan Masyarakat secara berkala minimal sekali dalam setahun. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan merupakan salah satu Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng yang melakukan pelayanan publik khususnya kepada Petani/Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Soppeng.

Dalam acara Ekspose tersebut, pihak pelaksana survey Trans Institute memaparkan langsung hasil survey dihadapan para Pegawai Lingkup Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, termasuk para Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian dari 8 (delapan) Kecamatan. Pelaksanaan survey dilakukan dengan metode wawancara terstruktur menggunakan kuisioner dengan jumlah sample sebanyak 200 responden yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan. Dengan focus ruang lingkup survey pada 9 (Sembilan) aspek, sesuai dengan Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yaitu Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Spesifikasi Produk, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan serta Sarana dan Prasarana.

Berdasarkan hasil survey yang dipaparkan Nilai IKM Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan adalah 83,28 dengan kategori mutu pelayanan B (Baik). Sedangkan berdasarkan nilai persepsi dari 9 unsur pelayanan, memiliki rata-rata nilai unit penilaian diatas 3. Dengan nilai persepsi tertinggi adalah unsur pelayanan Biaya/Tarif dengan nilai unit pelayanan 3,99, sedangkan nilai persepsi terendah adalah unsur pelayanan waktu penyelesaian dan Produk spesifikasi jenis pelayanan dengan nilai unit pelayanan 3,16. Capaian nilai tersebut menggambarkan bahwa pelayanan untuk 9 unsur tersebut berada pada rentang Baik dan Sangat Baik. Selain focus pada 9 unsur pelayanan tersebut, dalam pelaksanaannya juga dilakukan survey terhadap beberapa aspek utama pelayanan sesuai Tupoksi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan seperti Kinerja Pembangunan Pertanian, Aspek ketersediaan Pupuk, Benih dan Alat Mesin Pertanian, dan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian. Hasilnya cukup bervariasi yang menggambarkan bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan yang perlu menjadi perhatian untuk menuju Pelayanan yang Lebih Baik.

Adanya ekspose hasil survey tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu bahan evaluasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang selama ini dilakukan. Sejalan dengan upaya Percepatan Reformasi Birokrasi pada Area Perubahan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Untuk menuju Pelayanan Publik yang berkualitas, tentunya harus diketahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap Pelayanan yang telah berjalan atau dilaksanakan. Berdasarkan rekomendasi pihak pelaksana survey, hasil yang telah dicapai sudah baik, akan tetapi masih bisa ditingkatkan menjadi lebih baik atau minimal dipertahankan.

Related Articles

Back to top button