Berita TerkiniPembinaan & PenyuluhanSeputar Dinas PertanianTeknologi

Distribusi Peralatan dan Uji Coba Kostratani di Kabupaten Soppeng

Admin

Soppeng, 20 Desember 2019. Salah satu dari program kerja 100 Hari Menteri Pertanian RI Bapak Syahrul Yasin Limpo yaitu Kostratani “Komando Strategis Pembangunan Pertanian” yang bentuk implementasinya berupa optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Pelaksanaan kegiatan tersebut sudah memasuki tahapan awal dengan penyediaan sarana peralatan teleconfrence, termasuk di Kabupaten Soppeng.

Tim IT dari Kementerian Pertanian yang dikoordinir Andi Baso Kresna, S.TP utk wilayah Soppeng melakukan distribusi peralatan sekaligus instalasi perangkat dan uji coba di 5 (lima) BPP yang ada di Kabupaten Soppeng yaitu BPP Lalabata, Marioriwawo, Ganra, Donri-Donri dan Marioriawa, termasuk juga di Dinas TPHPKP sebagai pusat koordinasi Kabupaten dalam hal ini sebagai Kostrada, pada 17-19 Desember 2019 kemarin. Adapun jenis sarana yang didistribusikan terdiri dari seperangkat komputer dengan webcam sebagai alat teleconfrence dengan menggunakan aplikasi yang direkomendasikan pihak Kementerian Pertanian.

Pada tahap uji coba teleconfrence dengan pihak Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, jaringan internet menjadi kendala utama. Bahkan di daerah lain pun juga mengalami kondisi yang sama. Untuk itu pihak Dinas TPHPKP Kab. Soppeng akan segera mengupayakan perbaikan jaringan internet di semua BPP Se Kabupaten Soppeng, dalam hal ini penambahan Kapasitas. Selain itu, dikhawatirkan ke depan akan ada kendala dalam hal pengoperasian alat karena semua BPP belum mempunyai operator IT yang bertugas khusus untuk itu. Menurut Kadis TPHPKP Kab. Soppeng Bapak Ir. Fajar, MMA dalam konfirmasinya menyampaikan bahwa jika penyuluh yang diandalkan, akan menghambat kinerja mereka di lapangan, tetapi kita tetap menunggu petunjuk lebih lanjut, terutama terkait operasional peralatan yang sdh diberikan ini.

Related Articles

Back to top button