Berita TerkiniPembinaan & Penyuluhan

Penerimaan Mahasiswa Polbangtan Gowa dalam rangka PKL di Kabupaten Soppeng

Rabu, 12 Juni 2019 bertempat di Aula Pertemuan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng, dilaksanakan Penerimaan Penyambutan Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Kabupaten Soppeng. Tercatat sebanyak 23 orang Mahasiswa Polbangtan yang nantinya akan disebar di 2 posko yang berada di Kecamatan Liliriaja dan Citta.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Bapak Ir. Fajar, MMA, selaku perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Soppeng yang didampingi oleh Kabid Pembinaan dan Penyuluhan Bapak M. Rum, SP., MMA, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Bapak Haeruddin, S.Pt., M.Si, serta Koordinator BPP Kecamatan Liliriaja Bapak Tajuddin, S.Pt, dan Koordinator BPP Kecamatan Citta, Bapak Alimuddin, SP. menerima secara langsung para Mahasiswa Polbangtan Gowa yang didampingi oleh Ibu Dr. Ir. Kartika Ekasari, M.Si dan Ibu Munira, S.TP., M.Si.

Kadis Pertanian Kab. Soppeng dalam sambutan dan arahannya berharap Mahasiswa Polbangtan Gowa yang akan melaksanakan PKL  ini dapat menciptakan inovasi-inovasi baru di sektor pertanian/peternakan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh para petani di kabupaten Soppeng. Beliau juga menyampaikan beberapa Program Nasional Pembangunan Pertanian yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kab. Soppeng diantaranyan Program UPSUS SIWAB yang saat ini sedang digalakkan terkait peningkatan populasi Sapi, Program SERASI dalam upaya optimalisasi lahan rawa untuk Tanaman Pangan. Kadis Pertanian juga berharap agar mahasiswa Polbangtan Gowa dapat bersama-sama pemerintah setempat dalam membantu mewujudkan keberhasilan dari program-program tersebut.

Sementara Dr. Ir. Kartika Ekasari, M.Si selaku pendamping Mahasiswa berpesan kepada para peserta PKL agar selama berada dikampung orang seyogyanya menjaga tata krama serta sopan santun, juga dapat memberikan manfaat dengan kehadiran mahasiswa bagi petani setempat. Menjaga nama baik almamater dan memperhatikan kearifan budaya lokal  setempat. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan dipahami agar para  mahasiswa nantinya dengan mudah dapat menerapkan inovasi-inovasi kepada masyarakat petani di Kabupaten Soppeng.

Para Mahasiswa tersebut akan menjalani PKL yang terbagi dua yaitu PKL I atau Magang selama 40 Hari dengan posko di BPP Kecamatan Liliriaja, dan juga PKL II atau Pendampingan selama 2 Bulan dengan posko di BPP Kecamatan Citta. Semoga kehadiran para Mahasiswa Polbangtan Gowa di Kabupaten Soppeng ini, khususnya di 2 Kecamatan tersebut bisa memberikan manfaat dan dampak yang sebesar-besarnya untuk Kemajuan Pembangunan Sektor Pertanian.

Related Articles

Back to top button