Berita TerkiniPengolahan & PemasaranSeputar Dinas Pertanian

“Soppeng” dalam Event Celebes Agriculture Expo 2019

Bertempat di Celebes Convention Centre, Kota Makassar Sulawesi Selatan diadakan event Celebes Agriculture Expo 2019 Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan PT. Wahyu Promo Citra, dengan tujuan mempromosikan potensi dan peluang terkait sektor pertanian, perikanan, kehutanan dan produk makanan/minuman yang dihasilkan di Sulawesi Selatan, dijadwalkan berlangsung selama 4 hari yaitu 4-7 April 2019.


Kabupaten Soppeng sebagai salah satu daerah pengembangan sektor Pertanian di Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi dalam event tersebut. Pemerintah Kabupaten Soppeng yang terdiri dari gabungan beberapa SKPD (Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Koperindag dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Periwisata serta instansi terkait lainnya) ikut serta dengan membawa berbagai produk-produk yang dihasilkan di Kabupaten Soppeng, baik produk hasil pertanian, perikanan dan produk olahan dari kelompok-kelompok binaan/UKM masing-masing instansi, termasuk produk unggulan berupa Sutera Soppeng. Selain itu data-data terkait potensi hasil pertanian dan peluang investasi, serta objek-objek wisata ditampilkan pada stand Kabupaten Soppeng.

Dari berbagai produk yang dibawa dalam acara pameran tersebut, ada beberapa produk yang disiapkan untuk dijual apabila pengunjung berminat. Berdasarkan informasi dari Tim Dinas Pertanian, ada beberapa produk yang cukup diminati pengunjung diantaranya beras hitam, bolu cukke dan Ikan Kering Bungo yang menjadi produk khas Soppeng.

Berdasarkan pantauan dilokasi pameran sampai hari kedua Jumat 5 April 2019, salah satu hal yang menarik bagi pengunjung adalah gambaran proses produksi Benang Sutera Soppeng yang ditampilkan dalam bentuk video pada layar elektronik maupun banner yang dilengkapi dengan miniatur proses budidaya ulat sutera menghasilkan kokon (bahan dasar benang sutera). Selain Kabupaten Soppeng, partisipan lainnya berasal dari beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan diantaranya Kabupaten Barru, Bantaeng, Jeneponto, Luwu Utara, Luwu Timur dan Bulukumba dengan memamerkan produk hasil pertanian unggulan masing-masing.

Related Articles

Back to top button