Berita TerkiniPembinaan & Penyuluhan

Seminar Penyuluhan Pertanian sebagai Program Kerja Favorit KKLP STIE-STMIK Lamappapoleonro

Salah satu poin yang tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi adalah pengabdian pada masyarakat, yang kemudian diwujudkan salah satunya melalui bentuk KKLP atau Kuliah Kerja Lapangan (dulunya KKN atau Kuliah Kerja Nyata). Para Mahasiswa sebagai agen pembaharu, dituntut untuk merumuskan program-program kerja yang berorientasi pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan hasil observasi lapangan di lokasi masing-masing.

STIE-STMIK Lamappapoleonro sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang terbesar di Kabupaten Soppeng dalam beberapa minggu terakhir sedang melaksanakan KKLP di wilayah-wilayah pedesaan di Kabupaten Soppeng. Dan hampir di setiap posko KKLP Desa/Kelurahan melaksanakan salah satu program kerjanya berupa seminar penyuluhan pertanian. Lahirnya ide untuk program kerja seminar penyuluhan pertanian tentu tidak terlepas dari hasil observasi identifikasi kebutuhan masyarakat dalam hal peningkatan kapasitas SDM terkait sektor pertanian. Mengangkat tema yang berbeda disetiap lokasi. Hal tersebut tentunya sangat membantu proses pelaksanaan penyuluhan pertanian, sebagai salah satu tupoksi Dinas Pertanian yang dijalankan oleh para fungsional penyuluh pertanian lapangan. Berdasarkan pantauan dan laporan dari para penyuluh pertanian, sudah cukup banyak lokasi yang melaksanakan kegiatan tersebut, mulai dari tema pemanfaatan lahan pekarangan, teknologi budidaya padi, budidaya kakao, sampai UPSUS Siwab menjadi materi-materi yang disampaikan oleh para penyuluh pertanian yang diundang selaku narasumber.

Bagi mahasiswa pelaksana program kerja, meskipun ilmu pertanian tidak terkait langsung dengan keilmuan mereka di kampus, tetapi pelaksanaan seminar penyuluhan pertanian menjadi salah satu program kerja yang cukup membantu mereka memperoleh nilai plus dalam pelaksanaan KKLP, dan tentunya sangat dihargai oleh masyarakat yang tergambar dari antusiasme mereka dalam mengikuti seminar penyuluhan pertanian. Semoga sinergi dalam hal ini bisa turut memberikan andil dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Soppeng.

Related Articles

Back to top button