Berita Terkini

Peringatan Hari Jadi Soppeng Ke-758 

Watansoppeng, 23 Maret 2019, tepatnya hari sabtu diperingati Hari Jadi Soppeng yang Ke 758. Berlokasi di lapangan Gasis Kota Watansoppeng, rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Soppeng dilaksanakan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Prof. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr. Serta para tamu undangan yang hadir diantaranya Anggota DPR RI Ibu H. Andi Yuliana Paris, Bupati Wajo, Bapak Supriansa (Wakil Bupati Soppeng 2016-2018), Unsur Forkopimda Soppeng, Para Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulawesi Selatan serta banyak tamu undangan lainnya.

Bupati Soppeng H.A. Kaswadi Razak dalam pidatonya menyampaikan berbagai kemajuan-kemajuan yang telah diraih Kabupaten Soppeng selama masa pemerintahannya. Diantaranya capaian-capaian pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan ekonomi terutama pariwisata dan pertanian, penataan wilayah perkotaan Watansoppeng serta kemajuan lainnya. Beliau juga menyampaikan bahwa membangun soppeng dengan berpegang teguh pada prinsip bugis yaitu Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge, Sitiroang Deceng, Tessitiroang Ja (Saling Menghormati, Saling Menghargai, Saling Mengingatkan, Bersama-sama dalam Kebaikan, Menghindari Keburukan). Dalam sambutannya juga disampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam mendukung upaya-upaya dalam memajukan Kabupaten Soppeng. Sementara Bapak Gubernur dalam sambutannya sangat mengapresiasi kemajuan di Kabupaten Soppeng, terutama penataan kota yang dulunya sepi, kini telah berubah dan menjadi sangat ramai, termasuk Pertumbuhan ekonomi yang diatas rata-rata provinsi. Bapak Gubernur juga menyampaikan rencana-rencana ke depan membangun Sulawesi Selatan, termasuk Kabupaten Soppeng. Soppeng sudah dikenal dan merupakan salah satu lumbung pangan Nasional, sehingga sektor pertanian ini harus terus dikembangkan dan diarahkan mendukung pariwisata, imbuhnya. Beliau mencontohkan kawasan wisata Lejja, yang menurutnya adalah permandian air panas terbaik di Sulawesi Selatan, bahkan Indonesia, dengan kualitas air panasnya yang tidak berbau dan tidak pernah menurun debitnya. Lejja perlu didukung sektor pertanian, saling mendukunglah, lanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, beliau mencanangkan Soppeng akan dijadikan Kawasan Pengembangan Buah-Buahan, terutama di Sekitaran Kawasan Wisata, termasuk Lejja, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak semata-mata hanya disuguhkan permandian air panas, tapi juga agrowisata buah-buahan.

Terkait dengan perencanaan pengembangan kawasan buah-buahan tersebut, Bapak Gubernur yang meminta langsung kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan peninjauan dan menindaklanjuti rencana tersebut dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng. Berdasarkan informasi, setelah rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Soppeng selesai, Tim dari Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Soppeng akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi Kawasan Wisata Lejja.

Dalam rangkaian peringatan hari jadi Soppeng, Bapak Gubernur bersama Bupati Soppeng dan tamu undangan lainnya melakukan peninjauan ke lokasi pameran mini SKPD lingkup Pemkab. Soppeng, kemudian dilanjutkan ke lokasi Kampung Sabbeta (kampung sutera) dan peninjauan revitalisasi Danau Tempe.

Related Articles

Back to top button