Berita TerkiniHortikultura

Penanganan Kerusakan Tanaman Buah Naga di Desa Tottong Kec. Donri-Donri

Desa Tottong,  19 Februari 2019. Buah Naga yang dalam beberapa tahun terakhir muncul sebagai salah satu komoditi hortikultura primadona oleh masyarakat Kabupaten Soppeng mulai menghadapi masalah serangan penyakit. Desa Tottong yang dikenal sebagai salah satu sentra buah naga tersebut,  mengalami serangan penyakit berupa busuk batang yang sangat mempengaruhi tingkat produksi buah naga yang dihasilkan.

Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Pertanian melalui Bidang Hortikultura untuk melakukan tindakan-tindakan pengendalian sebagai upaya untuk mengembalikan agar tanaman buah naga didaerah tersebut bisa kembali normal dan berproduksi. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah melakukan pemangkasan terhadap batang buah naga yang rusak secara serentak.

Berdasarkan informasi dari Tim Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Soppeng yang dipimpin langsung oleh Kabid Hortikultura Ibu Andi Nurhafidah, Timnya turun langsung di lapangan bersama masyarakat untuk melakukan pemangkasan sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Setelah pemangkasan, kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian obat-obatan untuk mencegah kembalinya kerusakan batang buah naga tersebut.

Adapun batang yang rusak, hasil dari pemangkasan tersebut harus dibuang jauh dari lokasi pertanaman yang ada, untuk mencegah kembalinya OPT penyebab penyakit tersebut menyerang batang tanaman yang lain. Berdasarkan rilis dari Direktorat perlindungan Hortikultura, penyakit busuk batang pada Buah Naga diakibatkan oleh Cendawan Patogen yaitu Macrophoma spp.  yang termasuk cendawan tular tanah (soil borne).

Semoga upaya penanganan yang dilakukan ini bisa memberikan dampak sehingga tanaman buah naga yang selama ini telah menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat petani di Kabupaten Soppeng, bisa kembali produktif.

Related Articles

Back to top button