Berita TerkiniSeputar Dinas Pertanian

Sosialisasi Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Kab. Soppeng

Mallanroe, Jumat 24 Agustus 2018 dilaksanakan Sosialisasi Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) untuk Kabupaten Soppeng. Program tersebut merupakan inovasi dari Kementerian Pertanian dalam upaya pengentasan kemiskinan. Kabupaten Soppeng menjadi salah satu lokasi penerima kegiatan di Sulawesi Selatan. Hadir dalam sosialisasi tersebut yaitu perwakilan dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan dan Balai Veteriner Maros, didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pertanian.

Peserta sosialisasi hadir dari para Kepala Desa/Lurah, Penyuluh Desa/Kelurahan, Pendamping dan Penanggung Jawab Lokasi serta para stake holder terkait lainnya, seperti dari unsur Dinas Sosial Kab. Soppeng. Program BEKERJA di Kabupaten Soppeng rencananya akan memberikan bantuan kepada sekitar 4.500 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang telah diverifikasi, tersebar di seluruh Desa/Kelurahan di Kec. Marioriwawo dan Lilirilau. Dengan jenis bantuan berupa ternak ayam/itik, tanaman hortikultura (sayuran dan buah), tanaman perkebunan (kakao). Pada tahap sosialisasi ini, para narasumber menyampaikan petunjuk teknis masing-masing jenis bantuan, untuk membangun kesepahaman dengan para pihak terkait.

Konsep yang diusung program BEKERJA dari Kementerian Pertanian dengan fokus utama dalam pengentasan kemiskinan ini, sejalan dengan program MAPPADECENG yang telah dicanangkan pemerintah Kabupaten Soppeng, dengan fokus utama sasaran program kepada Rumah Tangga Miskin (RTM). Diharapkan dengan bantuan ternak, tanaman sayur, tanaman perkebunan, masyarakat miskin bisa berdaya dengan mengelola jenis-jenis bantuan tersebut sehingga menjadi sumber penghasilan. Semoga program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) di Kab. Soppeng ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses mencapai tujuan bersama yang diinginkan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Related Articles

Back to top button