Berita TerkiniTanaman Pangan

Ratusan Hektar Sawah Tergenang Akibat Tingginya Intensitas Hujan

Watansoppeng, 20 Mei 2018. Dilaporkan dari petugas penyuluh pertanian beberapa wilayah, terutama untuk Kecamatan Lilirilau dan Kecamatan Ganra adanya lahan sawah yang tergenang luapan banjir dari sungai Walannae. Tingginya intensitas hujan yang mengguyur di wilayah Kabupaten Soppeng beberapa hari terakhir telah menyebabkan air sungai Walannae meluap sampai ke areal-areal persawahan yang berada di sekitar daerah aliran sungai.

Adapun jenis tanaman yang tergenang yaitu padi dan jagung. Berdasarkan data yang masuk dari petugas penyuluh pertanian, untuk Kecamatan Lilirilau sekitar 50 Ha padi dan 126 Ha jagung tergenang, tersebar di Desa Kebo, Desa Baringeng dan Kelurahan Ujung. Sementara untuk Kecamatan Ganra sekitar 291 Ha padi tergenang, tersebar di Desa Belo dan Desa Lompulle. Lokasi-lokasi tergenang ini memang langganan setiap meluapnya air sungai akibat curah hujan yang tinggi. Para petugas penyuluh pertanian sudah turun memantau langsung, bersama dengan unsur-unsur terkait lainnya.

Semoga areal genangan air tidak bertambah luas dan secepatnya bisa surut sehingga tanaman tergenang tidak sampai mengalami kerusakan dan gagal panen.

Related Articles

Back to top button